Tips Untuk Melindungi Pc Anda Dari Serangan Virus Ransomware WannaCry



Seluruh dunia kembali terserang virus berbahaya  Ransomware WannaCry, terutama bagi pengguna Sistem Operasi Windows. Ada banyak rumah sakit dan perusahaan, perusahaan telekomunikasi terbesar, dan masih banyak lagi organisasi di dunia yang telah diserang oleh perangkat lunak Ransomware WannaCry. Pelacak MalwareTech mendeteksi lebih dari 100.000 sistem yang terinfeksi selama 24 jam terakhir.

Apa Itu Virus Ransomware WannaCry ?

Ransomware WannaCry adalah malware yang memasuki sistem komputerisasi dan mengenkripsi semua file di komputer sehingga tidak dapat dibuka oleh pengguna. Malware ini tidak hanya menyerang komputer klien tapi juga menyerang komputer server dimana data penting milik agensi.
Terutama malware ini menginfeksi pengguna PC berbasis Windows yang memiliki kelemahan terkait dengan fungsi SMB yang dijalankan di komputer itu. Perangkat lunak Ransomware  Wannacrypt dilaporkan telah menginfeksi banyak pengguna di seluruh dunia.

Berikut Adalah Contoh Video Komputer yang terkena virus Ransomware WannaCry


Berikut adalah beberapa ekstensi file yang menjadi target dari Malware Ransomware Wannacrypt:

  • Ekstensi file kantor yang umum digunakan (.ppt, .doc, .docx, .xlsx, .sxi).
  • Format kantor umum dan negara yang kurang umum (.sxw, .odt, .hwp).
  • Arsip, file media (.zip, .rar, .tar, .bz2, .mp4, .mkv)
  • Email dan database email (.eml, .msg, .ost, .pst, .edb).
  • File basis data (.sql, .accdb, .mdb, .dbf, .odb, .myd).
  • Kode sumber dan proyek pengembang (.php, .java, .cpp, .pas, .asm).
  • Kunci dan sertifikat enkripsi (.key, .pfx, .pem, .p12, .csr, .gpg, .aes).
  • Perancang grafis, fotografer dan fotografer file (.vsd, .odg, .raw, .nef, .svg, .psd).
  • File mesin virtual (.vmx, .vmdk, .vdi).


Bagaimana Cara Kerja Ransomware Bekerja Setelah Terinfeksi?

1. Program dan Alat Tidak Bekerja

Malware ini akan melumpuhkan beberapa program atau tools yang ada di registry komputer, jadi jika komputer Anda mengalaminya, bisa jadi komputer Anda terinfeksi Ransomware Malware Wannacry ini.

2. Keyboard dan Mouse Tidak Berfungsi

Virus Ransomware Wannacry akan mematikan fungsi keyboard dan mouse sehingga Anda tidak dapat menggunakan perangkat I / O. Tombol keyboard aktif hanya tombol keyboard numerik dan enter.

3. Adanya Pesan Peringatan

Pesan peringatan yang disampaikan oleh Malware Ransomware Wannacry adalah pengakuan bahwa semuanya adalah penegak hukum, tidak hanya Anda harus melakukan pembayaran sehingga komputer Anda dapat terbebas dari Malware Ransomware Wanna Cry.

Tips Untuk Melindungi Pc Anda Dari WannaCry Ransomware Virus

Berikut adalah beberapa tindakan pencegahan untuk meminimalkan perangkat lunak berbahaya Malware Ransomware Wannacrypt:

1. Matikan SMB v1 di Komputer Anda

            Microsoft Functions mengambil langkah yang tidak biasa untuk melindungi pelanggannya dengan versi Windows yang tidak didukung, termasuk Windows XP, Vista, Windows 8, Server 2003 dan 2008  dengan merilis patch keamanan yang memperbaiki kelemahan SMB yang saat ini dieksploitasi oleh WannaCry ransomware. Setelah memperbarui patch MS17-010 terbaru pada OS Windows Anda, Nonaktifkan fitur Komputer SMBv1 Anda. Ikuti langkah ini:
Cara mematikan fitur SMB V1 untuk windows 7

Cari dan Jalankan Windows Power Shell (jalankan sebagai administrator)Masukkan script berikut di perintahSet-ItemProperty -Path "HKLM: \ SYSTEM \ CurrentControlSet \ Services \ LanmanServer \ Parameters" SMB1 -Type DWORD - Nilai 0 -Force



EmoticonEmoticon