Cara Sederhana Untuk Install WordPress Di Digital Ocean

Saya telah menggunakan Cloud Hosting atau VPS layanan dari Ocean Digital sejak 2 bulan terakhir. Sebelum menggunakan cloud hosting  Saya menggunakan shared hosting. Alasan untuk pindah shared hosting karena telah mengalami masalah yang sangat lambat dan bahkan server down pada Hosting. Jadi saya pindah blog saya dari shared hosting ke Ocean Digital Salah satu yang terbaik untuk cloud hosting
Sebenarnya, saya berpikir untuk menggunakan dedicated host di awal. tapi itu mahal. Shared hosting tidak hanya murah tapi juga berkualitas yang murah loh. Menurut biaya VPS, kualitas lebih baik daripada shared hosting. Jadi saya lebih memilih menggunakan VPS.
Jadi Dalam artikel/artikel ini, saya ingin berbagi sedikit tutorial tentang cara menginstal WordPress pada Digital Ocean.
Apa itu Digital Ocean ?
Sebelum saya melanjutkan ke tutorial cara menginstal WordPress, ada baiknya kita cari tahu dulu apa itu Digital Ocean dan yang lebih penting  adalah  apa Cloud Hosting.
Hal pertama yang perlu kamu ketahui, Digital Ocean adalah layanan hosting yang berbeda dengan layanan hosting pada umumnya. Digital Ocean adalah tidak sama dengan HostGator, Hawkhost, Bluehost, dan lain-lain. Digital Ocean adalah Cloud layanan Hosting. Atau mungkin lebih tepatnya Cloud VPS Hosting.
Jika menurut saya beberapa artikel yang saya baca di internet, Cloud hosting adalah hampir seperti VPS, keduanya menggunakan teknologi Virtualisasi. Hanya cara kerjanya tidak sama.
Bagaimana Cara Instal WordPress  Di Digital Ocean ?
Alat-alat yang kamu butuhkan adalah :
  • ·         Komputer Atau Laptop ( WAJIB )
  • ·         Akun Digital Ocean
  • ·         Putty untuk mengakses perangkat lunak server


1.) Login account kamu atau membuat akun baru di digitalOcean, kemudian klik "Create Droplet" (droplet berarti VPS)

2.) Dalam Hostname masukkan hanya nama domain atau nama blog Kamu. Lalu pilih package yang seharga 10 $ ( 130 Rb )  (untuk percobaan kamu dapat memilih $ 5 ).

3.) Pada Pemilihan Wilayah, pilih lokasi yang paling dekat dengan target pengunjung dari blog kamu atau kamu dapat memilih: ( saya di sini memilih wilayah singapore )

4.) Dalam Pilih Gambar, klik tab Applications dan pilih WordPress on 14:04.

5.) Klik "Create Droplet" di bagian bawah. Ini akan memakan waktu 30 detik untuk membuat VPS.Tunggu proses sampai selesai.

6.) Ketika proses selesai, Kamu akan menerima rincian login root, Kamu dapat mengubah password VPS oleh Putty. Dalam email tersebut, Kamudapat melihat IP address yang kamu suka 
(188.208.141.121), Cukup copy IP dan paste di URL bar browser Kamu dan tekan enter. Pada halaman, Kamu dapat melihat menginstal dan setup halaman WordPress . Kamu harus memasukkan judul situs, nama username, password, email. dan klik inisialisasi WordPresss.


7.)Setelah Selesai Instalasi  WordPress selesai ,  blog WordPress kamu telah siap.


EmoticonEmoticon